A. Informasi Umum Perangkat Ajar
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)
Tahun Ajaran : 2024/2025
Kelas/Fase : V/Fase C
Elemen : Menyimak dan Berbicara (Listening-Speaking)
Alokasi Waktu : 2 JP (Disesuaikan)
B. Capaian Pembelajaran
Pada Fase C, peserta didik memahami dan merespons teks bahasa Inggris sederhana secara lisan, tulisan, dan visual. Mereka memahami hubungan bunyi-huruf pada kosakata dalam bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam situasi sosial
sehari-hari dan konteks kelas. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk memahami dan memproduksi teks tulisan dan visual dengan bantuan contoh dan media audio-visual.
C. Profil Pelajar Pancasila
Elemen : Bernalar Kritis & Berkebinekaan Global
Subelemen : Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan Gagasan & Berkomunikasi antar budaya.
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan Menggunakan bahasa inggris sederhana untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan situasi kelas.
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
- Mengidentifikasi kosakata pendek sederhana untuk berinteraksi dalam lingkungan situasi kelas dan situasi sosial baik secara lisan maupun tertulis (Expressions Of Feelings)
- Mengucapkan kosakata pendek sederhana untuk berinteraksi dalam lingkungan situasi kelas dan situasi sosial baik secara lisan maupun tertulis (Expressions Of Feelings)
- Merespon kosakata pendek sederhana untuk berinteraksi dalam lingkungan situasi kelas dan situasi sosial baik secara lisan maupun tertulis (Expressions Of Feelings).
E. Asesmen
Formatif
➢ Di awal dipersiapkan beberapa gambar dan kata sifat ungkapan perasaan dalam Bahasa Inggris Peserta didik diminta menyampaikan perasaannya saat itu
➢ Ditengah, peserta didik dibimbing untuk menyebutkan kosakata ungkapan perasaan dalam Bahasa Inggris dengan pengucapan dan intonasi yang tepat.
Sumatif:
➢ Menyebutkan kosakata pendek sederhana untuk berinteraksi dalam lingkungan situasi kelas dan situasi sosial baik secara lisan maupun tertulis
Peserta didik mengucapkan beberapa kata dan ungkapan berikut ini, sesuai instruksi dan situasi.
1. How do you feel?
2. Happy
3. Sad
4. Angry
5. Confused
6. Bored
7. Surprised
8. Tired
F. Materi Ajar, Alat dan bahan :
1. Materi Ajar :
• Menjelaskan mengungkapkan perasaan “How do you feel” dalam bahasa inggris
2.Alat dan Bahan :
• Kertas berisi gambar mengekspresikan perasaa
• Solatip
• Emoticon tentang expression of feeling
• Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Langkah-langkah pembelajaran
- Guru membuka dengan salam.
- Guru menyapa peserta didik dengan bahasa Inggris sederhana, “ Good morning students, how are you today?”
- Guru memastikan setiap peserta didik menjawab sapaan guru dengan baik dan benar. Peserta didik menjawab, “ I am fine, I am good” bila baik. Peserta didik menjawab, “I am not fine,” bila tidak baik.
- Guru mengajak peserta didik untuk berdoa menurut agama masing-masing sebelum memulai sesi pembelajaran.
- Guru melakukan absensi terhadap peserta didik.
- Guru mengajak peserta didik melakukan ice breaking untuk menambah semangat dalam memilai sesi pembelajaran.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan secara singkat dan sederhana.
- Guru memantik peserta didik dengan bertanya “How do you feel today?” sambil menunjukkan ekspresi wajah “Bahagia”.
- Guru memberi contoh menyampaikan apa yang dirasakan dalam bahasa Inggris dengan mengucapkan jawaban “I am happy” atau “I feel happy”.
- Guru mananyakan perasaan peserta didik satu persatu dengan bahasa Inggris “How do you feel Teteh Ira?”, “How do you feel Zahra?” dan seterusnya.
- Guru menunggu respon dari setiap peserta didik untuk menceritakan apa yang peserta didik rasakan hari itu.
- Guru kemudian menunjukkan beberapa gambar perasaan lainnya kemudian, menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan mudah difahami.
G. Kegiatan Penutup
Refleksi dan tugas rumah
H. Evaluasi Peserta Didik
Komentar
Posting Komentar