Langsung ke konten utama

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C (HOW DO YOU FEEL?)

A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD) Tahun Ajaran : 2024/2025 Kelas/Fase : V/Fase C Elemen : Menyimak dan Berbicara (Listening-Speaking) Alokasi Waktu : 2 JP (Disesuaikan) B. Capaian Pembelajaran  Pada Fase C, peserta didik memahami dan merespons teks bahasa Inggris sederhana secara  lisan, tulisan, dan visual. Mereka memahami hubungan bunyi-huruf pada kosakata dalam bahasa  Inggris sederhana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam situasi sosial sehari-hari dan konteks kelas. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk  memahami dan memproduksi teks tulisan dan visual dengan bantuan contoh dan media audio- visual. C. Profil Pelajar Pancasila  Elemen : Bernalar Kritis & Berkebinekaan Global Subelemen : Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan Gagasan & Berkomunikasi antar budaya. D. Tujuan Pembelajaran Peserta didik diharapkan Menggunakan bahasa inggris sederhana un...

Timnas Indonesia dan Perkembangan Pemain Naturalisasi

Pada saat ini, timnas Indonesia telah memasukkan pemain naturalisasi dalam skuad mereka untuk berbagai kompetisi, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Pemain naturalisasi adalah mereka yang telah memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui proses naturalisasi, biasanya karena memiliki keturunan Indonesia atau telah tinggal dan berkontribusi dalam sepak bola Indonesia.

 Keberadaan pemain naturalisasi dalam timnas Indonesia memberikan keuntungan dalam memperkuat tim. Mereka membawa pengalaman dan kualitas dari latar belakang sepak bola mereka sebelumnya, yang dapat meningkatkan daya saing timnas Indonesia.

Selain itu, kehadiran pemain naturalisasi juga mencerminkan keberagaman dalam sepak bola Indonesia, menggambarkan inklusivitas dan integrasi dalam timnas.

Beberapa pemain naturalisasi yang telah bergabung dengan timnas Indonesia adalah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, dan masih banyak lagi. 

Mereka telah menunjukkan kemampuan dan kontribusi yang signifikan dalam pertandingan-pertandingan timnas. Dengan adanya pemain naturalisasi, timnas Indonesia semakin berpotensi untuk meraih prestasi yang lebih baik di tingkat internasional.

Namun, penting juga untuk memperhatikan bahwa kehadiran pemain naturalisasi tidak menggeser peran dan pentingnya pengembangan bakat sepak bola lokal. Pemain-pemain muda Indonesia tetap menjadi aset berharga untuk masa depan sepak bola Indonesia. 

Kombinasi antara pemain naturalisasi dan pemain lokal dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam membangun timnas Indonesia yang kompetitif.

Dalam menghadapi tantangan dan persaingan di level internasional, timnas Indonesia terus berupaya untuk mengoptimalkan potensi pemain naturalisasi. 

Mereka juga berkomitmen untuk terus mengembangkan bakat-bakat muda dalam negeri melalui program pembinaan dan pengembangan sepak bola di seluruh Indonesia.

Dengan keberagaman yang ada dalam timnas Indonesia, kita dapat melihat betapa kaya dan beragamnya Indonesia dalam hal budaya dan bakat sepak bola.

Timnas Indonesia menjadi wadah untuk menggambarkan semangat persatuan dan keragaman Indonesia dalam mencapai prestasi di kancah internasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Seorang Atlet Silat

Halo semuanya, saya ingin berbagi sedikit tentang perjalanan saya menjadi seorang atlet silat. Bukanlah perjalanan yang mudah, tetapi dengan kerja keras, dan semangat yang tak pernah padam. Pertama kali saya mengenal silat adalah saat saya berumur 17 tahun. Saya terpesona dengan gerakan-gerakan yang anggun namun mematikan dari seni bela diri ini. Segera, saya memutuskan untuk belajar silat dan memulai perjalanan saya.  Pelatihan silat bukanlah hal yang mudah. Setiap hari, saya harus berlatih di jam 14:00-17:00 Mulai dari peregangan, lari, hingga latihan teknik dan taktik silat. Meski berat dan melelahkan, saya tidak pernah menyerah. Saya selalu mengingat tujuan saya, yaitu menjadi seorang atlet silat yang handal. Setelah beberapa tahun berlatih, saya akhirnya mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pertandingan silat tingkat daerah. Saya merasa gugup karena ini merupakan pertandingan pertama saya selama berlatih silat, tetapi saya juga sangat bersemangat. Pertan dingan te...

My Village / 私の村

I live in Tammangalle village, a small village located in Polewali Mandar, Balanipa district. Most of our villages work as fishermen because some of the villages live in coastal areas. They work in the sea eatching fish. Meanwhile the fishermen’s wives work as weafers of Mandar culture silk cloth (Lipaq Saqbe). Our village is known for it’s “sibali parriq” culture which means (helping each other) in Indonesian. This is proven by the husbands who work as fishermen while the wives weafe sarongs while waiting for the arrival or their husbands who want to earn a living at sea.Apart from fisherman, our villages also work in the gardens every day. They grow corn, sweet potatoes, chilies and beans. Every morning, i see them going to the garden carrying hoes. In my village there is also a very large football field. Several years ago it was said that the field would be used as a stadium but until now there has been on the field.  Bahasa Jepang  私の村 私はバラニパ地区のポレワリ・マンダルにある小さな村、タンマンガレ...

Modul Ajar Bahasa Inggris_How do you feel?

        Modul ajar Bahasa Inggris_How do you feel?                                Detail Modul Ajar Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Judul Materi     : How do you feel? Kelas                :  IV  Alokasi Waktu : 60 menit Profil Pelajar Pancasila :  Bernalar krisis & Berkebhinnekaan Global Tujuan Pembelajaran : Peserta didik diharapkan mampu menggunakan bahasa inggris sederhana untuk berinteraksi dalam lingkup situasi kelas maupun sosial.  Materi Pembelajaran :  - Mengidentifikasi kosakata pendek sederhana untuk berinteraksi dalam lingkup situasi kelas maupun sosial (Expressions Of Feelings)  - Mengucapkan kosakata pendek sederhana (Expressions Of Feelings) -Merespon kosakata pendek sederhana (Expressions Of Feelings)  Langkah-langkah pembelajaran : 1. Pendahuluan 10 menit • Guru menyapa peserta didik ...