Langsung ke konten utama

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C (HOW DO YOU FEEL?)

A. Informasi Umum Perangkat Ajar Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD) Tahun Ajaran : 2024/2025 Kelas/Fase : V/Fase C Elemen : Menyimak dan Berbicara (Listening-Speaking) Alokasi Waktu : 2 JP (Disesuaikan) B. Capaian Pembelajaran  Pada Fase C, peserta didik memahami dan merespons teks bahasa Inggris sederhana secara  lisan, tulisan, dan visual. Mereka memahami hubungan bunyi-huruf pada kosakata dalam bahasa  Inggris sederhana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam situasi sosial sehari-hari dan konteks kelas. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk  memahami dan memproduksi teks tulisan dan visual dengan bantuan contoh dan media audio- visual. C. Profil Pelajar Pancasila  Elemen : Bernalar Kritis & Berkebinekaan Global Subelemen : Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan Gagasan & Berkomunikasi antar budaya. D. Tujuan Pembelajaran Peserta didik diharapkan Menggunakan bahasa inggris sederhana un...

Rencana 5 Tahun Kedepan: Membangun Masa Depan dengan Bijaksana


Halo, semuanya! Pada tulisan kali ini, saya ingin berbicara tentang sesuatu yang sangat penting dalam hidup kita. Yah!! rencana masa depan. Lebih spesifik lagi, rencana untuk lima tahun kedepan.


Mengapa lima tahun? Karena lima tahun adalah waktu yang cukup panjang untuk membuat perubahan signifikan dalam hidup kita, namun cukup singkat untuk merasa nyata dan mendesak.


Pertama, marilah kita bicarakan tentang pentingnya memiliki rencana. Tanpa rencana, kita seperti kapal tanpa tujuan. Kita mungkin berakhir di tempat yang indah, atau kita mungkin tersesat di lautan.


Dengan rencana, kita memiliki peta dan kompas untuk membantu kita mencapai tujuan kita. Jadi, apa rencana lima tahun saya? Saya akan membaginya menjadi beberapa kategori: karir, keuangan, kesehatan dan kehidupan pribadi.


Karir, dalam lima tahun ke depan, saya berharap telah mencapai posisi yang baik dalam pekerjaan saya. Saya ingin menjadi seorang guru PNS, seseorang yang dapat membantu orang lain berkembang dan sukses. Untuk mencapai ini, saya perlu terus belajar dan mengembangkan keterampilan saya.


Keuangan, saya berencana untuk memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan saya. Ini termasuk dana darurat, dana pensiun, dan dana untuk tujuan jangka panjang seperti membeli rumah atau berlibur ke tempat impian saya.


Kesehatan, saya ingin menjaga kesehatan saya, baik fisik maupun mental. Rencana saya adalah untuk berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, dan meluangkan waktu untuk relaksasi dan hobi.


Kehidupan Pribadi, saya berharap dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan keluarga dan teman-teman. Saya juga ingin memiliki waktu untuk diri saya sendiri, untuk mengejar hobi dan minat saya.


Membuat rencana adalah langkah pertama, tetapi yang paling penting adalah menjalankannya. Saya tahu bahwa akan ada rintangan dan tantangan di sepanjang jalan, tetapi saya yakin bahwa dengan tekad dan usaha, saya dapat mencapai tujuan saya.


Ingat, rencana lima tahun bukan tentang mencapai kesempurnaan. Itu tentang pertumbuhan, perkembangan, dan membuat hidup kita lebih baik. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Seorang Atlet Silat

Halo semuanya, saya ingin berbagi sedikit tentang perjalanan saya menjadi seorang atlet silat. Bukanlah perjalanan yang mudah, tetapi dengan kerja keras, dan semangat yang tak pernah padam. Pertama kali saya mengenal silat adalah saat saya berumur 17 tahun. Saya terpesona dengan gerakan-gerakan yang anggun namun mematikan dari seni bela diri ini. Segera, saya memutuskan untuk belajar silat dan memulai perjalanan saya.  Pelatihan silat bukanlah hal yang mudah. Setiap hari, saya harus berlatih di jam 14:00-17:00 Mulai dari peregangan, lari, hingga latihan teknik dan taktik silat. Meski berat dan melelahkan, saya tidak pernah menyerah. Saya selalu mengingat tujuan saya, yaitu menjadi seorang atlet silat yang handal. Setelah beberapa tahun berlatih, saya akhirnya mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pertandingan silat tingkat daerah. Saya merasa gugup karena ini merupakan pertandingan pertama saya selama berlatih silat, tetapi saya juga sangat bersemangat. Pertan dingan te...

My Village / 私の村

I live in Tammangalle village, a small village located in Polewali Mandar, Balanipa district. Most of our villages work as fishermen because some of the villages live in coastal areas. They work in the sea eatching fish. Meanwhile the fishermen’s wives work as weafers of Mandar culture silk cloth (Lipaq Saqbe). Our village is known for it’s “sibali parriq” culture which means (helping each other) in Indonesian. This is proven by the husbands who work as fishermen while the wives weafe sarongs while waiting for the arrival or their husbands who want to earn a living at sea.Apart from fisherman, our villages also work in the gardens every day. They grow corn, sweet potatoes, chilies and beans. Every morning, i see them going to the garden carrying hoes. In my village there is also a very large football field. Several years ago it was said that the field would be used as a stadium but until now there has been on the field.  Bahasa Jepang  私の村 私はバラニパ地区のポレワリ・マンダルにある小さな村、タンマンガレ...

Modul Ajar Bahasa Inggris_How do you feel?

        Modul ajar Bahasa Inggris_How do you feel?                                Detail Modul Ajar Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Judul Materi     : How do you feel? Kelas                :  IV  Alokasi Waktu : 60 menit Profil Pelajar Pancasila :  Bernalar krisis & Berkebhinnekaan Global Tujuan Pembelajaran : Peserta didik diharapkan mampu menggunakan bahasa inggris sederhana untuk berinteraksi dalam lingkup situasi kelas maupun sosial.  Materi Pembelajaran :  - Mengidentifikasi kosakata pendek sederhana untuk berinteraksi dalam lingkup situasi kelas maupun sosial (Expressions Of Feelings)  - Mengucapkan kosakata pendek sederhana (Expressions Of Feelings) -Merespon kosakata pendek sederhana (Expressions Of Feelings)  Langkah-langkah pembelajaran : 1. Pendahuluan 10 menit • Guru menyapa peserta didik ...